Prinsip-Prinsip Dasar Nirmana

 Dalam membuat Nirmana terdapat proses menyusun yang disebut komposisi. Komposisi dalam membuat Nirmana membutuhkan suatu prinsip pada pembuatan suatu karya Nirmana. 

1) Kesatuan (Unity) 

Kesatuan adalah salah satu prinsip dasar Nirmana yang sangat penting. Adanya kesatuan dalam sebuah karya desain membuat karya tersebut terlihat lebih hidup, artistik, dan memiliki nilai seni tinggi. 

2) Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan dalam seni tidak dapat diukur namun dapat dirasakan, yaitu keadaan ketika semua bagian dalam sebuah karya desain tidak terdapat unsur yang saling membebani satu sama lain. 

3) Proporsi (Proportion)

Salah satu jenis proporsi dalam desain grafis, yaitu Proporsi Agung (The Golden Mean) merupakan proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. 

4) Irama (Rhythm) 

Irama merupakan pengulangan gerakan yang teratur dan secara terus menerus. Dalam desain, irama adalah hubungan pengulangan dari bentuk bentuk tertentu dalam karya desain grafis. 

5) Dominasi (Domination) 

Dominasi berasal dari kata dominance yang berarti keunggulan. Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadi suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Komponen Dasar Pada Objek 3D

Prinsip dalam Dasar Desain Grafis

Nirmana