Pembuatan Animasi Gerakan Nonkarakter
Membuat animasi gerakan karakter maupun nonkarakter memerlukan proses melihat dan memahami tahap-tahap yang perlu animator ikuti. Berikut 6 gerakan Nonkarakter :
- Shooting Reference Video
Seorang animator akan merasa aneh, karena mereka harus mencoba merekam dan berakting sesuai dengan karakter yang sudah mereka desain, karakter yang sudah didesain akan disesuaikan dengan gerakan, emosi, dan bahkan jeda waktu setiap potongan gambar dari karakter yang dimainkan.
- Key Pose
Key pose dilakukan seorang animator guna mengambil setiap poin gerakan penting dari referensi video yang sudah direkam dengan membuat keyframe yang disesuaikan dengan waktu videonnya.
- Blocking
Blocking dalam animasi 3D identik dengan membuat gerakan di antara gerakan awal yang sudah dibuat agar terdapat gerakan tambahan sehingga hasil animasinya sudah sampai pada keseluruhannya.
- Splining
Prinsip blocking yang baik menghasilkan splining yang baik. Hal perlu dipahami adalah setiap perangkat lunak memiliki cara pengeditan yang berbeda tetapi dengan hasil yang masih sama.
- Smoothing dan Offset
Selain memperhalus dan mengubah setiap bagian key animasi yang telah ada, terhadap point paling penting dalam smoothing dan offset.
Yang perlu diperhatikan seorang animator adalah hasil animasi harus berbentuk melengkung seperti garis yang ada, agar diperoleh hasil animasi yang baik.
Komentar
Posting Komentar