Pembuatan Animasi Gerakan Nonkarakter

 Membuat animasi gerakan karakter maupun nonkarakter memerlukan proses melihat dan memahami tahap-tahap yang perlu animator ikuti.

berikut 6 gerakan Nonkarakter :

- Shooting Reference Video                

Seorang animator akan merasa aneh, karena mereka harus mencoba merekam dan berakting sesuai dengan karakter yang sudah mereka desain, karakter yang sudah didesain akan disesuaikan dengan gerakan, emosi, dan bahkan jeda waktu setiap potongan gambar dari karakter yang dimainkan. 


- Key Pose 

Key pose dilakukan seorang animator guna mengambil setiap poin gerakan penting dari referensi video yang sudah direkam dengan membuat keyframe yang disesuaikan dengan waktu videonnya.


- Blocking

Blocking dalam animasi 3D identik dengan membuat gerakan di antara gerakan awal yang sudah dibuat agar terdapat gerakan tambahan sehingga hasil animasinya sudah sampai pada keseluruhannya.  


 - Splining 

Prinsip blocking yang baik menghasilkan splining yang baik. Hal perlu dipahami adalah setiap perangkat lunak memiliki cara pengeditan yang berbeda tetapi dengan hasil yang masih sama.


- Smoothing dan Offset

Selain memperhalus dan mengubah setiap bagian key animasi yang telah ada, terhadap point paling penting dalam smoothing dan offset. 

Yang perlu diperhatikan seorang animator adalah hasil animasi harus berbentuk melengkung seperti garis yang ada, agar diperoleh hasil animasi yang baik.


- Adding Life 

Tahap adding life pada animasi dapat dilakukan seorang animator dengan memasukkan suatu kehidupan di dalam karakter dengan cara menambahkan ekspresi seperti pergerakan pupil mata kehidupan, atau oun mulut yang terbuka dan tertutup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Komponen Dasar Pada Objek 3D

Prinsip dalam Dasar Desain Grafis

Nirmana